Kesulitan memposting data-data yang berbentuk tabel? Mulai sekarang tentu tidak lagi. Blogmalhikdua telah menambahkan plugin baru untuk membuat tabel. Caranya cukup Mudah.

Setelah masuk halaman admin (dashboard), pilih menu plugin. lalu cari plugin wp-Table dan aktifkan. Sekarang di sidebar sebelah kiri, dibawah menu POST, ada tambahan menu “Table”.

Klik link tersebut, akan muncul tampilan menu-menu yang mengarahkan kita bagaimana cara membuat tabel dengan mudah. Kita tinggal mengisi field-field yang disediakan.

Field pertama adalah nama table. Anda bisa menuliskan nama tabel yang sesuai dengan isi postingan. Lalu kita bisa menentukan juga banyaknya jumlah kolom dan jumlah baris yang kita kehendaki.

Jangan khawatir, andai Kalian ingin menambah atau mengurangi banyaknya jumlah kolom atau baris, tinggal mengubahnya. Tersedia menu “Edit” juga di sana. Begitu juga ketika Anda ingin mengubah lebar tabel atau lebar kolom.

Untuk mempercantik tabel, juga disediakan fasilitas yang memungkinkan kita untuk menambah warna-warna. Dblogger tinggal memasukkan “HTML color code”. Kode ini berupa kombinasi huruf dan angka atau huruf saja. Misalnya untuk warna hitam kodenya #000000 atau warna putih #FFFFFF. Kode warna ini bisa diperoleh di aplikasi photoshop. Bagian yang bisa diwarnai diantaranya border tabel, headline atau menu.

Pembuatan Table kini sudah selesai. Perhatikan keterangan yang ada di halaman tersebut bagian atas. Akan muncul nama tabel yang sudah kita buat : [TABLE=x]. x adalah nama id table. Kini Anda saatnya menyisipkan tag tersebut ke halaman yang akan kita posting. kini tampilan postingan Anda tampak semakin cantik dan lebih mudah di baca.

Facebook Comments